WELCOME ALL VISITORS

Terimakasih karena anda sudah mengunjungi blog ini

Rabu, 11 April 2012

BMKG: Gempa 8,9 SR di Aceh, Potensi Tsunami

BMKG: Gempa 8,9 SR di Aceh, Potensi Tsunami

Gempa berkekuatan 8,9 skala Richter atau 8,7 magnitudo terjadi di Aceh dan sekitarnya, Rabu 11 April 2012 pukul 15.38. Menurut informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada kedalaman 10 kilometer itu berpotensi tsunami. Pusat gempa berada di Samudera Hindia 432 kilometer barat Sinabang, 527 kilometer barat daya Banda Aceh. Gempa dirasakan di Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, dan Lampung.

Adapun berdasarkan data dari USGS, gempa ini ada di kedalaman 32 kilometer di dekat Pulau Simeuleu, tepatnya di koordinat 2,348 derajat Lintang Utara dan 93,073 Bujur Timur. Gempa terasa sekitar 3 sampai 5 menit. Dibanding gempa dan tsunami pada 2004, gempa ini lebih kecil. Saat itu gempa mencapai 9,2 skala Richter.

Belum ada laporan korban dari gempa besar ini. Namun, akibat gempa ini orang-orang di Aceh panik berlarian keluar dari rumah dan gedung.

Wartawan Tempo di Banda Aceh, Mustafa Silalahi, menyaksikan kepanikan warga terjadi di berbagai sudut Banda Aceh. "Banyak warga yang lari ke arah gunung," kata Mustafa.

Sejauh ini belum terlihat dampak nyata dari gempa ini. Tak terlihat keretakan di gedung-gedung utama. Namun, telepon dari Jakarta menuju Aceh sulit terhubung.

Gempa ini juga terasa hingga ke kota Padang. Indriyani Zaini, pegawai Kementrian Kelautan merasakan guncangan yang keras. "Rasanya seperti diayun-ayun," katanya. "Orang-orang juga berlarian ke luar dari gedung-gedung."

Tidak ada komentar: